HINDARI FACIAL SAAT BERJERAWAT

loonapix_12355992

perawatan itu perlu, salah satunya mengunjungi salon kecantikan untuk facial tapi sebaiknya anda pertimbangkan melakukan facial jika jerawat bersemi alias besar-besar. Jerawat batu tepatnya dirawat dan ditangani oleh dokter bukan facial kesalon kecantikan, bisa kesalon kecantikan asalkan ada dokter ahli yang akan merawat jerawat.

“Kalau jerawat batu, bukan facial….. tapi harus diobati dan dirawat dokter karena jerawat diberi obat oles  dan minum, kalau salon tanpa perawatan dokter bisa infeksi. Perawatan jerawat tidaklah singkat tapi butuh waktu 2-3 bulan. Pengobatan dilakukan dengan keratolistik mengelupaskan kulit bagian atas, jerawat juga bisa diberikan anti biotik, hormon, vitamin An dan Zink.

adapun perawatan yang bisa dilakukan :

#)  Menbersihkan wajah dua kali sehari

#)  Menjaga poni agar tidak mengenai jerawat

#)  Menggunakan sabun lembut

#)  Menggunakan cleanser bebas minyak

#)  Merawat kulit kepala dan rambut

#)  Emosi harus stabil agar jerawat tidak muncul lagi

#)  Terkadang pada perawatan 2-3 minggu pertama jerawat kadang bertambah berat sebagai efek pengobatan namun akan mereda kembali.

Rawat wajah dengan bahan alami

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri untuk mencegah maupun mengobati jerawat. Menggunakan bahan alami dan mudah ditemukan disekitar kita :

( $ ) CUCI MUKA

Bersihkan muka 2 kali sehari, terutama bagi anda yang memiliki tipe kulit berminyak dan mempunyai kecenderungan jerawat. Sangat dianjurkan mencuci muka dengan pembersih yang PH-nya sedikit asam untuk menjaga kebersihan wajah yang berjerawat. TUMBUHAN ALAMI YANG BISA MENCEGAH DAN MENGOBATI JERAWAT DIANTARANYA :

1.  Air seduhan 7-10 lembar daun sirih (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat sehingga dapat digunakan untuk mencuci muka sebanyak dua atau tiga kali sehari

2.  Membasuh wajah dengan air es dapat mengurangi timbulnya jerawat. Hal ini dipercaya dapat mengurangi minyak pada wajah

3. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah yang berjerawat . Belimbing wuluh bersifat sejuk dan berkhasiat sebagai anti radang dan astrigen (Memperkecilpori-pori kulit wajah)

4. Wajah berjerawat juga lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas baru mendidih, lalu diuapkan pada wajah yang berjerawat.

( $ ) MASKER

5. Buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. Masker mengkudu tidak hanya mengatasi jerawat, panu, kulit yang keriputpun hilang , otot-otot muka menjadi lebih relaks

6. Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum)

7. Temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker akan membantu meningkatkan hasilnya

8. Daun dewa dan mahkota dewa juga berkhasiat sebagai obat jerawat

9. Tumbukan pucuk daun jambu batu (Psidium Guajava) bisa menjadi masker jerawat

10. Lidah buaya (Aloe vera) yang terkenal dapat menghaluskan kulit juga dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat

11. Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat, hingga warna kentang menjadi keabu-abuan dan kering

12. Flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat dihilangkan dengan masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagian-bagian yang hitam lalu diamkan sampai mengering. (Ar)

SERING DIPENCET JERAWAT MAKIN PARAH

Punya kebiasaan memencet jerawat? Sebaiknya anda hindari sejak sekarang. Menurut dokter ahli kulit, memencet jerawat bukan solusi yang baik tapi justru akan membuat kondisi jerawat makin parah karena infeksi yang meluas. Mengapa demikian? Jerawat yang meradang parah dan jika dipencet dengan tangan yang tidak bersih alias kotor jelas mudah mengundang kuman penyakit. Memencet jerawat bagi sebagian orang memang sudah menjadi kebiasaan atau malah keasyikan tersendiri bahkan ada yang betah lama-lama didepan cermin, inilah kebiasaan buruk yang harus anda hentikan….

Kalau jerawat  dipencet apalagi yang sudah menjadi jerawat batu atau nodul akan makin infeksi, seperti bakteri akan makin banyak karena sering dipegang.Pemencetan jerawat bisa dilakukan asalkan pada klinik atau salon khusus yang ditangani dokter ahli kulit. Hal ini untuk menjamin kebersihan dan penanganan jerawat terutama yang mengalami jerawat batu alias yang besar mirip bisul kecil.

” Penanganan jerawat apalagi yang sudah meradang hebat harus ditangani diklinik atau dokter ahli karena biasanya, penanganan jerawat tidak hanya dengan pemencetan tapi juga diberi obat oles dan obat dalam untuk mematikan kuman dan ada terapi khusus yang dilakukan dokter untuk  menangani jerawat, itu untuk mencegah peradangan yang lebih hebat.

AWALNYA DARI KOMEDO

Jerawat tidak langsung datang begitu saja, awalnya berasal dari komedo. Komedo kecil-kecil yang sering terlihat dihidung, pipi, dan dagu jika tak dibersihkan kelak akan muncul sebagai jerawat bahkan jerawat batu. komedo tersebut hasilkerja kelenjar sebasea yang memproduksi minyak. Tapi karena tersumbat, misalnya karena wajah kotor dan infeksi maka bisa jadi komedo. Komedo ini ada dua jenis yaitu komedo warna putih dan hitam. komedo putih termasuk tipe tertutup dan komedo hitam adalah terbuka karena sudah teroksidasi (kena udara).

Jika komedo tak dibersihkan komedo bisa makin besar, akan meradang dan menjadi papel berupa bintik-bintik kasar. Papel bisa berubah menjadi Pustul atau radang makin berat karena infeksi kuman. Selanjutnya, pustul akan menjelma menjadi jerawat besar berupa nodul. Nodul inilah yang biasa kita sebut dengan jerawat batu karena infeksi. Infeksi itu dipengaruhi oleh tingginya produksi minyak atau sebum pada kulit. Tapi, muka sering digosok, dopencet sehingga kumanpun makin bertambah. Saluran yang tersumbat plus infeksi inilah yang dapat memperberat kondisi jerawat sehingga menjadi jerawat batu.

” Kalau tidak diobati, bisa infeksi berat. Kalaupun diobati, jerawat batu ini akan meninggalkan scars atau bekas. Kalau dilakukan dermabrasi atau pemerataan kulitpun, scars tidak bisa hilang dan seperti kulit biasa”. Untuk itu, wajah yang sudah berkomedo harus rajin dinersihkan dan dirawat dua kali sehari.

36 Responses to “HINDARI FACIAL SAAT BERJERAWAT”

  1. Tiya

    Sore mbk….
    Infonya keren bgt
    Dulu sy sering maskeran pk jeruk nipis,(tp sy gak jerawatan lho)hasilnya kulit jd lbh halus
    Kalau facial sy gak pernah kesalon kecantikan tp diklinik yg ada dokternya
    Jaman sekarang menghilangkan jerat bisa dngn sinar laser,bahkan noda bekas jerawat pun bisa hilang dngn teknologi mikro

  2. babegue

    iya bener, soalnya kalo pas jerawat difacial, nanti mreka pecahin, iya kalo memang tangan mreka steril nah kalo gak, bisa berbekas muka kiteeee….

    Salam kenal, nice blog bu

  3. anto84

    infonya bagus banbget,tp itu buat ce ya???hihihhi untung wajahq gantheng

  4. Wajib Lapor

    Lapor komandan…
    1. Sarsur Kendal dan Jateng aman terKendali,
    2. Ada sepawat Sukhoi saat latihan udara di Lanud Hasanudin Mahalus tidak terdeteksi, bunyikan alarm.
    3. Ada video kekerasan oknum TNI di Ambon.
    4. Jerawatku nggak ada asyiik…
    5. Gaji TNI siap-siap dinaikkan (ke kantong)😀, PP-nya kemarin hanya buat PNS ndan.
    Laporan selesmai… hiks :D:D:D

  5. kucingkeren

    takuutyttt dipijit2 … cuci muka aja lahh

  6. Tiya

    Pagi mbk….. :d

  7. sofyan

    kulit agar tetap subur harus g’mana??

  8. Risva_ Lz 3 smP

    EmM, ,knpha aq tdk mNSYUkri wjah q ktika tdk brjerawat !!
    CkrnG wjah q brjrawat kcil” pling bnyk d hidunG. . . Aq clalu ceDih jika mLiHAT’y😦
    bgaimN cra mNghiLang kn’y ??
    AL’y aq jJha cLLu maLU & gx PD brnGKAT scoOL jdi gx smanGAt !😦
    bLz yah !

  9. tie

    sore …
    mau tanya mba, sebetulnya penggunaan bahan2 alami secara langsung apa sama sekali tidak ada efek sampingnya dan apakan semua kulis bisa cook menggunakan bahan2 alami seperti itu, soalnya dulu saya perna pakai bahan alami seperti lidah buaya tp ko hasilnya malah gatal2

  10. cindy

    Mbak,kalo jerawat meradag kemudian di mikro ada efek sampingnya? Saya sudah menghabiskan uang banyak unt menghilangkan jerawat yg sangat meradan ini. Namun ttp saja muncul pdhalsaya sudah rutin melakukan perawatn dokter spesialis kulit.

  11. hadi

    aq pengen ngilangin komedo yg warnanya itam dihidungku,,dan raca pada pipi,,,gimana yah cr5anya,,,apa dengan difasial bisa mnghilangkan cmua itu?

  12. Kalau dia punya power untk menjadi seorang pemimpin apa salahnya? Jaman sekarang kan byk yg lebih pintar org2 gak berijazah daripada yg byk ijazahnya.

    Skrg wajah sy sangat kasar seperti kulit jeruk akibat bekas jerawat yg slalu sy pencet.gmn crnya agr kulit wjh sy normal kmbli..kalau ke dokter kulit biayanya kan mahal? Tlg solusinya ya mba..?? Trim’s

  13. algi

    mbak..aku algi 16 tahun,pengen konsultasi.kalo ak pny jerawat bnyak banget.tpi ukurn kecil kecli dan tidak memiliki nanah.kalo di keluarin sprti komedo berukuran besar..tpi di sekitar nya ad jerawat juga..nah pertnyaan nya apakah facial bisa menghilangkan jerawat kecil yang tdi..makasih saranny mbak

  14. puspa

    halo mba..
    mau tanya nih..
    saya berjerawat tpi hnya di pipi sebelah kanan..
    dulu wajah saya tdk berjerawat..
    namun ketika memasuki dunia perkuliahan..
    jerawat itu muncul banyak dan meradang..
    itu knapa ya?

  15. antoniusputra

    aqu juga jerawatan ne
    tpi aqu pke sabun mutiara jadi gak jrawatan lagi

  16. cantiq

    uda hampir semua dokter spkk d bdg di cobain..ehhh hasilnya malah gt” aja..jd ketergantungan buat kulit,,,slain biaya membengkak…akhirnya sy menemukan suntik acne di salah satu dokter d bdg..biaya yg dikeluerkan sangat murah dibandingkan dgn sekali dtg k dokter klinik kecantikan…seminggu sekali di suntik..hasilnya sangat mujarab..mungkin karena langsung k pembuluh darah x ya…4-5 kali suntik..jerawat yg penuh d muka..akhirnya bisa sembuhhh..muka jd cling..dgn d tambah suntuik vit c…

  17. Jerawat Menyebalkan

    To : Cantiq

    Ksh Info donk , dokter mana yg ngasi suntik acne itu ?
    G da efek sampingnya khan ??
    thanx

  18. rizcha

    mbk mo Nanya..
    wktu facial kn biasanya di pin set,apa bisa menyebabkan lubang pda wajah ea….

  19. SEPTY

    jerawat batu gmn ngatasinya, jerwat saya meradang…

  20. nanda

    kalo aku jrwt k dokter kulit, di pencet n langsung disuntik gito… trus obatnya lengkap pake obat dalam juga, bayar lumayan sie tapi hasilnya cepet hilang n total…. bali…..

  21. Nadia

    Wah, salam kenal neh, ikut meramaikan situs melati penjaga pagar bangsa. Agar melati terus indah dan semerbak mewangi harus tetap dirawat dan dijaga. Ijinkan kami sekedar berbagi info, sekarang sudah ada ekstrak teripang, obat alami untuk kecantikan kulit terutama wajah, apalagi jerawat. Silahkan berkunjungi ke website kami http://jellygamat.org

    Majulah Ibu Pertiwi, majulah penerus Kartini.
    Salam Hormat
    Nadia

  22. miemie

    mbaa mau tanya kenap pas jerawatan gak boleh di facial??
    saya udah putus asa karena jerawat..mo saya facial..kira2 boleh gaa?
    dtunggu blsnnya
    tmksh

  23. hadi

    pengen jerawat kalian sembuh,,,, gampang dan sangad mudah sekali.. caranya, tigal di olesin cairan sperma ke muka yang berjerawat… insya Allah. sembuh,,, amiiiinnn

  24. rahayu

    mba mo nanya doung…muka sya berjerawat dan bks jerawtna item2 lgi perawatan disalah satu salon facial tpiad alkoholnya berbaya ga ya alkoholna….

  25. RYANTZ

    thanx’z atas infony . . . .

  26. luna

    Salam kenal, saya tinggal di Bandung, kalo mau perwatan facial yang ditangani dokter yang ahli degan laser atau denga alat khusus penghilang noda dimana ya dan arganya berapa ya mba?

    Saya langganan ama dokter, pake salep dari beliau untuk perawtan dan penghilag jerawat, tapi beliau tidak buka praktek dokter. Cuma selama perawatan siklus jerawat selalu muncul, mungkin karena saya memang harus berias kalo keluar rumah. Masalahnya siklus jerawat tiap mau mens selalu keluar, saya pikir kalo sudah 40 tahun, jerawat ngga bakal keluar lagi kalo kita rajin ngikut aturan maen… he he ternyata masih ada aja.

    Jerawat yang keluar merah meradang kaya bisul tapi nggak keluar ujung putihnya jadi nggak bisa keluar isinya wallaupun dipencet. Masalahnya walaupun jerawat nggak dipencet, didiamkan saja oleh saya, bekasnya menghitam bisa berbulan-bulan nggak ilang. Masalah ini hanya muncul di area T aja.

    Saya sekarang ganti dokter jadi ganti obat, sekarang sudah dua minggu berjalan. yang saya senang menjelang mens jerawat merah yang kaya bisul memang tidak keluar lagi, cuma yang keluar tipe jerawat batu yang ujungnya keluar putih-putih. Enaknya kalau matang, ketika cuci muka bisa hilang terbasuh dengan sendirinya tanpa menghilangkan bekas luka. Sekarang jerawat kecil kecil itu jadi agak banyak di sekitar dagu dan bawah hidung. Pipi dan dahi saya sih mulus bersih, cuma area T aja yang membandel.

    Saya facial ke dr, 17 tahun yang lalu ketika mau nikah. lalu ketika punya anak pertama pake laser cuma mahalnya …..ampun deh…dan sakit kaya kebakar. ha ha ha emang sih facial itu nggak ada yang nggak sakit… hi hi hi… demi cantik kali ya…

    Pada saat ini saya berpikir mungkin ini bagian dari kerja proses obat baru itu. Pertanyaan saya, apakah perlu facial? kalo ya kemana ya?

    Terima kasih untuk menjawabnya ya…

    Luna

  27. wie

    salam kenal mba…
    hmm.. saya jadi takut ney buat facial jerawat lagi… tapi pengalaman saya setelah malakukan facial jerawat, hasil na memuaskan dan itu pun di bawah pengawasan dokter.. jadi gak begitu khawatir bgt…
    makasie ya mba info na..

  28. fina

    mbak,,
    kl komedo pth uda klr jd bintik kcl gt,,,kasar byk,,apa blh melakukan facial utk keluarin?
    kl facial apa bs meradang ya?

  29. widya

    keren…..

  30. oriend

    mbk ak minta solusiny donk,
    umur ag 17 th, muka ku bermasalah bnget! bnyk jerawatny ,skrng jerawatny ilang, tp yg brmsalh lg menigglkn lubang dipipi.
    ag malu jka bertemu dg tmn,
    ak minta solusiny biar muka kami kmbli normal. trmks!

  31. wiwi noviani

    haloo mbak,,, salam kenal dari saya,,,
    saya mukanya asalnya gak jerawatan mulus bngt, tp setelah mnggunakan kosmetik yg gak biasanya, jadi jerawatan kecil2,, dan berpindah2,,,
    sekarang masih ada,, kalo misalkan sekarang di facial ga akan berefek buruk gtu ya mbak?
    mnta solusinya mbak,,, mkassi,,,

  32. andini

    mbak, jerawatku tu ada yg besar2 jg ada yg kecil2. saat konsult k dokter, penanganannya malah d facial. trs jerawat sm bibit bibit calon jerawatnya tuh d keluarin pake alat yg ada lubangnya itu. saki bgt smp berdarah2. skrg tinggal bekas bekas jerawatnya saja. kira kira itu penanganan yg benar atau salah ya?

  33. den

    Lapor komandan.
    Ada facial khusus untuk jerawat, di dalamnya ada proses ekstraksi setelah sebelumnya menggunakan cairan kimia, misalnya retinol atau retinoid. Jangan facial sembarangan tentunya, terutama oleh orang yg bukan ahli. Facial di special kulit adlh lebih baik.
    Sedangkan untuk menghilangkan dan mencegah jerawat, tambahannya bisa dibaca di artikel ini: cara mengatasi jerawat

  34. beina

    wah yh bner

  35. juwita junsung

    keren bgt,,,, niihh,, aku facial emang hilang sih ,,tapi kalu gak facial tumbuh lagi tuuh ,,, kyk bunga kalu di siram air mekar klau gk ada air layu ,,,,hihixx

  36. nisa apsari

    aku juga pernah ngalamin jerawat meradang smpe perih bgt, tp aku coba pake cream sari, alhamdulilah jerawatnya ilang malah skrg udh ga ada jerawat lg. klo ada yg mau coba hub aja olshop langganan aku 081287468763 pin bbnya aku gatau, soalnya slalu pake whatsapp. dia jual cream sari asli, soalnya yg palsu banyak bgt. smoga kalian berhasil dan cocok ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s