HINDARI STRES, JERAWAT PUN MENJAUH

loonapix_12356206

Wajah yang mulus saat ini  tidak hanya menjadi impian  kaum hawa tapi wajah mulus juga sudah menjadi dambaan kaum adam. Tapi kalau merajalela singgah diwajah, jangan panik dulu. Apalagi mengoprasi  jerawat sendiri dengan tangan yang kotor karena jerawat bukannya hilang tapi akan lebih parah.

Kata ” JERAWAT” memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita..apalagi jerawat memang sering membuat resah tak memandang warna bulu. Munculnya jerawat bisa diakibatkan oleh faktor keturunan namun ternyata bukan hanya itu penyebabnya…..Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, DR dr Khairuddin Djawad, SpKK dari RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar, jerawat juga bisa muncul karena seseorang stres, pengaruh salah menggunakan kosmetik, hormon, dan juga karena faktor makanan.

Banyak faktor yang menyebabkan orang berjerawat baik laki-laki maupun perempuan. Kalau dia stres kerjaan, urus keluarga jerawat bisa muncul. Kalau terkait hormon remaja yang sedang puber rawan jerawatan. Usia buber hingga 30-an rawan berjerawat apalagi jika ditambah penggunaan kosmetik yang tidak sesuai jenis kulit, misalnya kulit anda berminyak tapi menggunakan kosmetik atau pembersih wajah untuk kulit kering  tentunya jerawat bisa saja datang. Jerawat atau peradangan pada kelenjar sebasea ini memang rawan juga mengenai kulit berminyak, sebab pada kulit berminyak  kelenjar sebasea yang memproduksi sebum/minyak lebih banyak diproduksi.

Menurut anggota Perhimpunan Dokter Kulit dan Kelamin seluruh Indonesia , peradangan pada kelenjar atau kita sebut jerawat tersebut bisa dipicu karena faktor obat-obatan seperti steroid oles, obat sistematik, antiepilepsi dan Anti TB. Selain obat-obatan, jerawat juga bisa muncul karena makanan. Makanan seperti kacang-kacangan juga ditengarai menjadi faktor pemicunya.Meski tidak semua orang yang makan kacang bisa jerawatan. Tapi kebanyakan jerawat muncul karena pengaruh hormon misalnya kalau mau haid. jerawat akan parah apabila sering dipencet.

KENALI JENIS JERAWAT DAN CARA MENGATASINYA

A. Jerawat klasik (Biasa)

Tampilanya mudah dikenali yaitu berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Penyebab umumnya karena stres, hormon dan udara lembab pemicu kulit memproduksi minyak yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, akibatnya pori-pori tersumbat karena terinfeksi dengan bakteri.

Pencegahan dan pengobatan : Gunakan sabun wajah yang mengandung benzoyl – peroxida, atau sabun sulfur untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat. Bila dengan obat jerawat yang dijual bebas tidak behasil, pergilah ke dokterkulit untuk memeriksanya sekaligus mendapatkan resep obat jerawat yang engandung vitamin A derivatif seperti Retin – A. Untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, pakailah obat jerawat yang mengandung antibiotik seperti Garamicyn (bisa dibeli bebas) salah satunya bisa dicoba.

B. Cystic Acne (Jerawat batu/jagung)

Bentuknya besar dengan tonjolan yang meradang hebat, berkumpul hampir diseluruh area wajah (berbeda dengan jerawat biasa yang terdapat hanya disalah satu bagian wajah). Jerawat ini sering membuat penderitanya hilang kepercayaan diri biasanya karena genetik,  yaitu memiliki : kelenjar minyak yang over-aktif yang “membanjiri” pori-pori dengan minyak. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, tidak bisa bergenerasi secepat kulit normal. Memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas dikulit.

Pencegahan dan pengobatan  : Percuma saja bila anda menggunakan obat-obat jerawat yang dijual bebas karena tidak akan mampu menangani jerawat jenis ini. Anda harus berkonsultasi pada dokter kulit untuk mengobatinya. Untuk jerawat batu yang hanya satu dua penyembuhan yang efektif adalah meminta dokter kulit menyuntik jerawat dengan Cortison, yang membuat jerawat ini sembuh dalam waktu 48 jam.

C. Komedo : Komedo adalah jerawat yang terdiri dari dua jenis. Pertama, komedo yang terbuka (Blackhead) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara). Kedua, Komedo yang tertutup (Whitehead), memiliki kulit yang tunmbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil dibawah kulit. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. ini terjadi bila anda tidak rajin membersihkan kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit, lalu terjadilah penyumbatan. Make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak juga dapat memperparah keadaan.

Pencegahan dan pengobatan  : Mencuci wajah setiap pagi dan malam dengan pembersih mengandung salicylic-acid atau AHA/BHA (untuk mengelupas sel-sel kulit mati) atau Scrub kulit wajah minimal seminggu sekali. Menggunakan kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak di wajah. Rutin memakai masker untuk kulit berminyak seminggu sekali. Hilangkan Blackheads dengan plester pore strips yang bisa anda beli di supermarket. Untuk Whitehead, pakai obat jerawat yang mengandung salicylic-acid.

3 Responses to “HINDARI STRES, JERAWAT PUN MENJAUH”

  1. humor lucu

    Mbak ini tentara apa dokter ya, kok tahu banyak ttg jerawut

  2. Salsabillah

    Kl boleh di posting jg dong tips menghindari stressssssss…..
    Boleh dong tukeren link…..

    Salam ngeblog….

  3. Darmawan

    kalau aku berjerawat biasanya karena kebanyakan makan telur. tidak cocok dengan telur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s