SEJARAH SINGKAT PERSATUAN ISTRI PRAJURIT ( PERSIT)

Posted On 16 Desember, 2008

Filed under Kowad
Tag: , ,

Comments Dropped 50 responses

SEJARAH SINGKAT
PERSATUAN ISTRI PRAJURIT ( PERSIT)
KARTIKA CHANDRA KIRANA

Organisasi istri prajurit TNI AD Persit Kartika Chandra Kirana lahir di tengah-tengah perjuangan bangsa Indonesia yang dijiwai semangat dan cita-cita luhur untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Dalam pertumbuhannya, organisasi ini tidak dapat dipisahkan dari perkembangan TNI AD. Kelahirannya didorong oleh kesadaran bela negara dan ingin ikut serta berjuang mendampingi suami sesuai dengan sifat kewanitaannya. Kegiatan dapur umum dan palang merah merupakan pilihannya dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Dengan didasari rasa senasib seperjuangan, maka di beberapa tempat istri prajurit TNI AD membentuk organisasi yang bersifat lokal dengan nama yang berbeda-beda antara lain:

a.  Diawali dengan dibentuknya Persatuan Kaum Ibu Tentara ( PKIT) pada tanggal 3 April 1946 di Purwakarta Jawa Barat oleh Ny. Ratu Aminah Hidayat istri Kolonel Hidayat Kepala Staf Komandemen, yang kemudian kita kenal sebagai pendiri Persit. Sejak itulah sejarah organisasi Persit Kartika Chandra Kirana dimulai.

b.  Di Serang Jawa Barat berdiri organisasi dengan nama Persatuan Istri Tentara ( PIT) yang diketuai oleh Ny. Suhadi.

c.  Di Malang Jawa Timur organisasi yang serupa berdiri dengan ketuanya Ny. S. R. Lasmindar.

Untuk menghadapi tantangan perjuangan yang semakin berat , maka pada tanggal 15 Agustus 1946 PKIT mengadakan konferensi di Garut Jawa Barat guna mempersatukan organisasi-organisasi isteri tentara yang ada di daerah-daerah . Dalam konferensi tersebut nama PKIT diubah menjadi Persatuan Istri Tentara ( Persit ) atas saran Ny. Hamara Effendi. Selanjutnya kegiatan Persit semakin meningkat seiring dengan perkembangan organisasi TNI AD . Untuk itu beberapa kongres telah diselenggarakan yaitu :

1. Kongres I tanggal 25 s.d 27 Oktober 1950 diadakan di Semarang dipimpin oleh Ny. A.H. Nasution yang menghasilkan keputusan sebagai berikut :

a.  Persatuan Istri Tentara diubah menjadi Persaudaraan Istri Tentara disingkat Persit
b.  Tanggal 3 April ditetapkan sebagai hari jadi Persit.
c.  Struktur organisasi Persit disesuaikan dengan struktur organisasi TNI Angkatan Darat.

2. Kongres II di Bandung tahun 1951

3. Kongres III di Denpasar tahun 1953

4. Kongres IV di Yogyakarta tahun 1955

5. Kongres V di Malang tahun 1958

6. Kongres VI di Magelang tahun 1960

7. Kongres VII di Jakarta tahun 1963

8. Kongres VIII tahun 1964 di Jakarta merupakan kongres darurat yang dilaksanakan karena mewaspadai adanya penyimpangan dengan masuknya unsur-unsur non Pancasila. Kongres darurat tersebut dipimpin oleh Ny. A. Yani istri Men/Pangad selaku Ketua Umum DPP Persit yang menghasilkan dua keputusan penting sebagai berikut :

a.  Persatuan Istri Tentara diubah menjadi Persatuan Istri Prajurit Kartika Chandra Kirana (Persit Kartika Chandra Kirana).

b.  Pemimpin dijabat oleh istri pemimpin TNI Angkatan Darat secara fungsional.

9. Pada Kongres IX tahun 1967 ditetapkan lambang Persit Kartika Chandra Kirana yang merupakan hasil karya Mayor Caj Tranggono.

Pada tahun 1962 himne dan mars Persit Kartika Chandra Kirana diciptakan oleh Bapak A. Tampubolon.

Selanjutnya kongres diadakan secara periodik, dan pada tahun 1974 istilah kongres diganti dengan rapat kerja.

Rapat kerja pertama dilaksanakan pada bulan April 1974 yang menghasilkan keputusan sebagai berikut :

a.  Mempertegas hasil kongres darurat tahun 1964

b.  Ketua dan wakil ketua setiap tingkat kepengurusan dijabat secara fungsional.

Kemudian istilah rapat kerja diganti menjadi musyawarah pusat (Mupus) yang diadakan setiap 3 tahun sekali sejak tahun 1978.

Hasil keputusan Mupus I s.d. VIII secara garis besar adalah sebagai berikut :

1. Mupus I tahun 1978 dipimpin oleh Ny. Widodo, memutuskan tentang status istri anggota militer tituler TNI Angkatan Darat, istri purnawirawan dan warakawuri sebagai anggota biasa, sedangkan keanggotaan bagi Kowad ditiadakan.

2. Mupus II tahun 1981 dipimpin oleh Ny. Poniman, memutuskan tentang status istri purnawirawan dan warakawuri sebagai anggota luar biasa.

3. Mupus III tahun 1984 dipimpin oleh Ny. Rudini, memutuskan tentang penyempurnaan tingkat kepengurusan Persit Kartika Chandra Kirana yang terdiri atas pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus gabungan, pengurus cabang BS, pengurus koordinasi cabang, pengurus cabang, pengurus ranting dan pengurus anak ranting.

4. Mupus IV tahun 1987 dipimpin oleh Ny. Try Sutrisno yang bertepatan dengan diterbitkannya UU Republik Indonesia no. 18 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan, memutuskan :

a.  Persit Kartika Chandra Kirana sebagai organisasi kemasyarakatan yang tergabung pada organisasi kemasyarakatan Dharma Pertiwi.

a.  Pancasila sebagai satu-satunya asas Persit Kartika Chandra Kirana.

5. Mupus V tahun 1990 dipimpin oleh Ny. Edi Sudradjat, memutuskan :

a.  organisasi kemasyarakatan Persit Kartika Chandra Kirana berinduk kepada organisasi kemasyarakatan Dharma Pertiwi

b.  mencantumkan pasal tentang anggota kehormatan

c.nbsp; meniadakan status keanggotaan bagi PNS wanita

d.  istri PNS TNI AD sebagai anggota luar biasa Persit Kartika Chandra Kirana adalah juga anggota biasa IKKT.

6. Mupus VI tahun 1993 dipimpin oleh Ny. Edi Sudradjat, memutuskan :

a.  wadah pembinaan bagi istri purnawirawan dan warakawuri TNI Angkatan Darat adalah organisasi kemasyarakatan Perip Purna Garini (sekarang Peripabri) dan Pepabri.

b.  sebutan seksi kekaryaan diubah menjadi seksi sosial politik.

7. Mupus VII tahun 1996 dipimpin oleh Ny. R. Hartono memutuskan : meniadakan musyawarah daerah, musyawarah gabungan dan musyawarah cabang BS menjadi rapat kerja daerah, rapat kerja gabungan dan rapat kerja cabang BS.

8. Mupus VIII tahun 1999 dipimpin oleh Ny. Afifah Subagyo HS. memutuskan :

a. Penasihat Utama ditiadakan

b. Istri Militer Tituler yang semula anggota biasa menjadi anggota luar biasa

c. Menambahkan uraian pada pasal yang tercantum dalam AD ART untuk wadah Korps Wanita TNI AD selaku Pembina Persit Kartika Chandra Kirana

d. Penambahan kebijaksanaan dalam atribut untuk seragam bagi yang menggunakan busana muslimah

e.  Seksi Sosial Politik dihilangkan dan penambahan Urusan Komunikasi Sosial di Seksi Organisasi

f.  Perubahan pelaksanaan Mupus Persit Kartika Chandra Kirana yang semula 3 tahun sekali menjadi 5 tahun sekali.

9. Mupus IX tahun 2004 dipimpin oleh Ny. Nora Ryamizard memutuskan:

a.  Meniadakan istri militer tituler

b.  Menyempurnakan atribut untuk seragam upacara dan muslimah

c.  Pembinaan warakawuri 1 dan 2 tahun menjadi 3 tahun

Dalam perjalanan sejarahnya Persit Kartika Chandra Kirana pernah menerbitkan majalah Mekar pada tahun 50 an dan selanjutnya menerbitkan majalah Kartika Kencana pada tahun 1983 sebagai media penerangan kepada anggota sampai sekarang.

Pada tanggal 7 Juli 1967 atas prakarsa Ibu Siti Hartinah Soeharto selaku Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana didirikan Yayasan Kartika Jaya sesuai akte notaris nomor 6 tanggal 26 Juli 1967.

Jabatan Ketua dan Wakil Ketua Yayasan Kartika Jaya sejak tahun 1988 dijabat secara fungsional oleh Ketua dan Wakil Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana.

Pada usianya yang ke 50 tahun 1996, melalui pertimbangan yang telah dikaji manfaatnya demi pengembangan dan kelancaran tugas yayasan sesuai tujuan yang dikandungnya, Persit Kartika Chandra Kirana di bawah pimpinan Ny. R. Hartono selaku Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana melaksanakan peleburan yayasan-yayasan yang dikelola oleh PD, PG, dan PCBS ke dalam satu wadah tunggal dengan nama Yayasan Kartika Jaya sesuai akte notaris nomor 20 tanggal 14 Desember 1995, yang langsung berada di bawah naungan Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Pusat. Selanjutnya dengan dikeluarkan UU RI no.16 tahun 2004 tentang yayasan maka pada tanggal 16 Pebruari tahun 2005 maka jabatan Ketua dan Wakil Ketua Yayasan tidak lagi dijabat secara fungsional oleh Ketua dan Wakil Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana dan Yayasan Kartika Jaya menjadi badan hukum yang berdiri sendiri.

Atas prakarsa Ny. Andy E. Sutarto selaku Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, didirikan Yayasan Yatim, Yatim Piatu “Kartika Asih” pada tanggal 2 April 2002 menjelang Hari Ulang Tahun ke 56 Persit Kartika Chandra Kirana.

Yayasan ini khususnya memberikan beasiswa bagi putra-putri prajurit yang gugur di dalam melaksanakan tugas, sebagai wujud kepedulian dan rasa tanggung jawab Persit Kartika Chandra Kirana terhadap masa depan generasi penerus bangsa.

Demikian sejarah singkat Persit Kartika Chandra Kirana sejak kelahirannya pada tanggal 3 April 1946 hingga saat ini.

About these ads

50 Responses to “SEJARAH SINGKAT PERSATUAN ISTRI PRAJURIT ( PERSIT)”

  1. recordedxbutterflies

    Ola ^^
    Sou Brasileira…
    vc curte musica japonesa? XD

  2. Woman Army

    Hallo também
    Eu realmente não gosto musical japonês?
    Salam amizade

  3. Novita fitriani

    Boleh juga blognya mbak asri, kalo ada waktu mampir di blog saya ya di http://www.persitkusayang.blogspot.com

    Makasih Bu…. nanti saya kunjungi Blog Ibu

  4. Tiya

    Salam kenal ya…bu kowad.
    Ibuku juga PERSIT lho…

    Oh Gitu ya mbak… Suami saya Juga TNIAD itu tu Bambang Sriwijonarko, S.IP

  5. dini

    minta tolong dikirimkan lagu mars persit dan hyme persit

  6. resti

    o’bgtu ya mbak sejarah nya.bagaimana latar belakang untuk menjadi istri tentara mbak sbb setau saya banyak berkas yang harus dilengkapi.ibu sy jua ibu persit.

  7. M.Isa Ansari

    Wah Blog nya Hebat juga tuh…kalau abang ntar aja deh buat Blognya belum ada yang akan di tampilkan hehehehehe

  8. agus sudarmono

    Blognya boleh jga tuh, ajarin dong. tapi ajarinnya ke kalimantan yach. salam dari anggota persit yon armed 16 kalbar

  9. Elia Susanti

    Saya baru bergabung dengan Persit KCK.Suami anggota Denpom Jambi.ingin sekali tau banyak tentang Persit dan sepak terjangnya kalo bisa dimuat lebih banyak. Jadi bisa sering2 berkunjung ke sini mbak..Salam kenal dr Jambi

  10. putri

    banyak info yang saya dapat d sini…tapi boleh saya tau d mana saya bisa mendengarkan hymne dan mars persit ? saya sudah dapat teks nya tapi blm tau lagunya…mohon dibantu untuk menambah persiapan pengajuan nikah :) terima kasie

  11. ina

    mba kalo mau berlangganan majalah ini musti kontac kemana ya?

  12. Cahyanti Nurvitasari

    assalamu’alaikum,,,blog ini sangat membantu saya buat persiapan pengajuan nikah,,,mohon infonya d perbanyak ya bu,,,terimakasih,,,wass,,

  13. kessy

    bu………boleh tau donk persiapan apa saja atau tes apa saja
    yang dijalani calon persit ??????????

  14. wulan

    assalamu alaikum,,,,
    salam kenal,,,saya baru nikah 3 bln yg lalu & saya belum bergabung dengan ibu2 persit di yonif 756 wms kompi A, skrg saya masih tinggal di pulau Jawa. 2 minggu setelah menikah saya di tinggal tugas, sampai saat ini saya masih blank sama sekali mslh PERSIT,,mohon bantuannya,bagaimana supaya saya tidak kaku pas berada dilingkungan PERSIT.
    terima kasih,,,wassalam

  15. Naomi

    Lam Kenal…..
    Rame ya kalo ngomongin dunia per-Persitan (bukan per-silatan lho….), mulai umegnya kegiatan, kedisiplinan, suka duka ditinggal tugas suami,sampai kehebohan2 saat kunjungan, dll…. wah, pokoknya banyak yang bisa diceritain deh….

    Yang jelas, semua itu dinikmatin aja suka dukanya…kalo cuma sukanya aja yang diinget…lama-lama juga terbiasa kok.. Semangat u/ persit ya…

    Salam u/ istri2 Wiradarma dimanapun berada….

  16. jein

    slm kenal…………
    walaupun masih beberapa bulan pengajuan nikah
    tapi aku da sibuk nyari2 mars n hymne persit..
    buat persiapan loh..
    aku jdi deg-deg kan mau memasuki lingkungan militer..
    hehehehhe
    Thanks..

  17. grace

    salam….
    saya bangga dengan ibu-ibu persit,salah satuny kedisiplinan tp trkadang malah kelewatan disiplinny.Siapa yg jd tentarany ibu-ibuny atau bapak-bapakny?Wlo bgtu jempol u/ ibu-ibu persit,khususny Persit Batalyon 643.

  18. fenny

    salam kenal,saya juga salut dan bangga buat ibu – ibu persit yang bisa dampingi suaminya baik suka maupun duka, sekarang saya lagi proses pengajuan mohon doanya!!salam kenal bagi ibu – ibu persit yonkav 3 tank mohon bimbingannya!

  19. arin

    hai,,,calon ibu persit n ibu2 persit perknlkan nmq arin ank jawa,aq pny tunangan di yon armed makassar,jd cwex prajurit tu hrs bnyk bersbr ya,sibuuuuuukx mnta ampun apa mbak2 jg gt ya,,,!!!kdng2 ampk abis kesabarnx, kasih srn donk biar aq lbh sbr lg ngadpn tunanganq.

  20. puan novi ana citra maharani

    aku novi dari pekalongan,,
    emang jadi pacar TNI harus bersabar penuh ikhlas,,,
    uwwh terkadang aku juga,,,cpek harus ngertiin dia,,,tapi aku harus belajar menerimanya,,,karena ku sayang bgt dengan dia.

  21. fath

    banyak suka dukanya yaitu suka kalo ada sertijab ketua kita pasti dapat kenang-kenangan, dukanya kalo jadi pengurus terus dapat teguran…capek deh…
    he.he

  22. priya

    salam kenal buat smua ibu persit di seluruh indonesia,ijin gabung ya bu,saya juga punya cowok tni sekarang tugas di aceh mang sih dia jarang ada waktu buat aku karna kgtan dia yg amat bnyk jd jrg ktmu deh.tapi asyik jg sih pny cwok dr klgan tni alya klu ktmu ma sesama cwek tni seru bgt. bs cerita tntg hbgan msg2 slama pcran.

  23. putri

    salam kenal buat semua calon bu persit, aq juga pny cwok tni loh sama juga kyk cwok kalian jrg ada wkyu buat aq,kdg sebel juga tp ge mana dah cinta sich.

  24. apris

    ass aku apris,,slm knl semuanya,,,sm kyk yg laen sy juga pny tunangan TNI yg berdinas di yonkav 7 cijantung,,skrg dia lg tugas di libanon 1 bulan lg plg tugas n langsung ngajuin klo plg,,bs kasih tau gak test2 ap aj yg akn dijalni oleh calon persit,,,,

  25. nurul rahmawati

    mnjadi ibu cta2Q yg amat q dmbakan..mg2 dpt terwujud…amienn…spertii ibuQ yg mjd seorg pngurus PKCK…bngga rasanya mnjd ibuu prrsit,,,bsa mndapngi suamii tgas dmi bngsa n negara….

  26. abuy

    slm sejahtera bagi kita semua.

    saya memerlukan logo/lambang perip, bisa dibantu tolong kirim gsmbsr ke e-mail saya.

    terimakasih…..

  27. Sely Risdiyanti

    aslkum ! Trnyata byk bgt pljaran2 yg dapat dipetik ktika mlihat blog ini ! Persit memang the best and very unique ! Saya sendiri mnjd kokoh bila kelak terwujud jodoh dgn dia (slh satu personil TNI AD) …. :)
    Keluh kesah seorang persit akan segera terobati ketika sang suami pulang dgn kemenangan mnjga hatinya bukan hnya menang untuk bangsa :)

  28. Rina Arfan

    Ass,!Hidup Persit…
    Setiap Q buka Blog Ini Semngat yg tadinya Redup Seketika mnjadi Penuh Semngad wat Terus Berusaha Jadi Calon PERSIT …
    Hati Seorang Persit bagai Lilin yg mmpu mnerangi kgelapan demi terang berderangnya suasana ! Dan mampu mnjaga smua amanah !!!

  29. Rina Arfan

    Hidup Persit!!!!!!!

  30. Rahayu Yayu

    trima kasih bu, banyak informasi yg q dapat di sini. begitu panjang perjalanan Persit Kartika Chandra Kirana. sampai saat ini persit masih tetap eksis di masyarakat ! boleh tau gak bu ? arti dr Hymne persit itu sendiri ? trima kasih !

  31. Sherni Aristriyana

    wuuuiihh..kereen nyaa ..
    semogaa sayaa jugaa bisaa menjadi salahsatu anggota persit KCK ..
    SALAM IBU PERSIIT :)

  32. Baret ijo

    Salam Persit Buat Para Calon Dan Para Ibu Se-Indonesia…
    Begitu Bangganya Bisa Menjadi Calon Persit Yang Akan mendampingi seorang Abdi Negara..Mohon Bimbingan N Petunjuknya Agar Bisa Menjadi Persit Yang Baeg Nantinya..^_^
    JGNLP Add Fb Saya di veevey_beebey@yahoo.com
    YM Viera_Adjalah..,
    Makasih…….^__^

  33. Nuraini

    Hallo aq baru aja d lamar oleh anggta TNI jg,aq bingung m’persiapkan sglax,tolong krimin Marsx persit donk

  34. bhy vebby

    salam kenal…..saya juga calon ibu persit yonif 744……..makasih banyak buat infonya tentang sejarah persit…… di tunggu info2 terbaru buat ibu2 persit seindonesia………

  35. Sidik Prayitno

    Saya anggota Kodim 1615/Lotim. Saya membutuhkan foto dan desain baju seragam persit secara keseluruhan diantaranya : PSR, PSK, PSU, Seragam ibuy persit hamil, Blazer dan PSL. Hal ini karena saya ditugasi oleh Ibu Ketua Cabang untuk membuat dokumentasi lengkapnya. Mohon kalau ada di kirimkan ke saya. Terima kasih banyak atas bantuannya.

  36. tya

    I Like this,,,kerennnnnnnnn

  37. Dewi ikke nuryani

    jadi merinding nieh.. kpn ya resmi jd ibu persit..

  38. Itha Kirei ToEnai

    greeting recognice . . buat calon/ibu persit Indonesia
    bangga bisa jadi dan bergabung didalamnya
    teruz up date info . . thanks

  39. Evi Siska Dewi

    mau nikaaahhh z koq sussaaaahhh,,,,ribettt bgt,,,,

  40. fajh

    sampai bingung harus berkata apa,…….
    gak pernah terfikir akan menjadi istri seorang TNI,… Alhamdulillah,ALLAH memberi saya jodoh yang pas,.. Salam dari persit kodam VI

  41. santi

    http://www.4shared.com/mp3/ta_up8ZV/mars_persit_kck.html

    ini link diatas untuk men-download MARS PERSIT SEMOGA BERMANFAAT

  42. santi

    http://www.4shared.com/mp3/ta_up8ZV/mars_persit_kck.html

    ni link diatas untuk men-download MARS PERSIT SEMOGA BERMANFAAT

  43. Eda

    assalamualaikumm..
    ini saia eda saia msi status pcrx tentara pcr saia d Yon 614 d rjp.jdi pcr tentara tu bxk bersabar dn hrus sllu jaga diri..tlong dnk mba2 smua ksi saran dn bgaimna saia hrus ttep bersabr dgn status saia yg msi pcr..insya allh nti d wkt pcr saia naig pangkat smuax udh bkn jdi pcr lgi.bgaimna supaya proses itu bs sampai d stu dgn ttep bersbr..
    usia saia jg msi 19 thun sdangkn pcr saia 23 thun.tlong ya mb dn ibu ksi saran ya

  44. Dewi k.s

    terus terang, slama 10 th kenal dg suami. 2 th pendekatan & 8 th penikahan berjalan dg suami, baru stelah baca blog ini sy tau sejarah persit. sumpah lho, ini bermanfaat banget buat saya khususnya & (sy yakin) ibu2 persit lainnya (yg blm tau) pd umumnya.

  45. Dewi k.s

    saya jg mengunjungi blog persitku sayang. itu jg penting utk ibu2 persit. spy tau struktur organisasi persit. pengalaman di tempat suami sy dinas, sampe ada istilah “tdk ada wakil2an”. krn di papan struktur organisasi tdk tertera wakil organisasinya. padahal dmanapun organisasi pasti bth wakil/org no dua sbg cadangan apabila ketua tdk bs hadir supaya kegiatan ke-organisasian bs berjalan.

  46. edo mikoy

    dulu persit itu sll dikagumi sebagai organisasi yg solid tp sekarang persit itu bisa dikatakan perusak situasi karena klo bpknya praka istrinya jd kopral, klo bpknya sertu istrinya jd serma klo bpknya lettu istrinya jd kapten klo bpknya letkol istrinya jd kolonel klo bpknya brigadir jendral istrinya jd mayor jendral..uuuuuhff pusing liat tingkah laku persit sekarang,,,tolooong ya bu diperhatikan etikanya,,,,

  47. ayu

    Salam kenal buat semuanya, saya jg sdh menikah dgn Tni ad selama 3 tahun tapi kami tinggalnya terpisah, suami di riau dan saya di bali, saya sangat sedih baru menikah harus pisah tinggal dan tidak bisa aktif di Persit, karena saya harus mengurus orang tua yg g bs saya tinggalkan mengingat sdh tua dan sakit2an, saya juga bekerja di RS daerah sebagai PNS yg g selalu dapat ijin ataupun cuti.saya harap maklum dengan keadaan saya ini.

  48. inhal

    apa sih arti kartika chandra kirana

  49. rafael

    apa khabar mbak, salam kenal ya, saya punya foto rumah yang saat ini sdh direnovasi yang dulu dijadikan tempat berdirinya persit KCK.

  50. Sri

    minta mars pepabri bentuk mp3 donk…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.